Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Jumat, 29 Februari 2008

Greenspan dan Bush Yunior

Sebagaimana dikemukakan pada posting sebelumnya mengenai Greenspan, di masa akhir Administrasi Clinton, Amerika mengalami surplus anggaran pertama kali sejak resesi sebelum Reagan. Sukses itu dilengkapi dengan booming ekonomi Amerika yang bertahan paling lama dalam sejarah. Di satu pihak, Clinton dan Demokrat ingin menggunakan surplus itu untuk program sosial. Di pihak lain, Republik menginginkannya untuk tax cut. Greenspan sendiri menyarankan surplus digunakan untuk membayar hutang. Menurut Greenspan, dengan membayar hutang, tingkat saving dan produktivitas jangka panjang akan meningkat.

Di tengah sukses seperti itu, di dalam buku The Age of Turbulence, Greenspan mengaku sedih, bukan karena sukses itu, tapi karena kasus Clinton-Lewinsky. Dia nggak habis pikir bagaimana orang sehebat Clinton sampai bisa melakukan hal seperti itu, di Gedung Putih, tempat yang sulit untuk menyembunyikan sesuatu dari orang lain. Berita koran yang memuat khabar gembira dan khabar memalukan sekaligus berdampingan menambah ironi masa itu. Hingga akhir periode kedua Administrasi Clinton tersebut, surplus tetap terjaga dan diramalkan oleh para ekonom akan terjadi cukup lama, kurang lebih satu dekade.

Akhirnya pada tahun 2000 Bush yunior menggantikan Clinton setelah menang tipis atas Gore, mantan wakil Clinton. Untuk memenuhi janji kampanyenya, Bush bertekad melakukan tax cut. Greenspan diminta memberi pendapat mengenai itu di hadapan Kongres. Percaya kepada forecasting positif, Greenspan akhirnya memberi pendapat yang cenderung setuju, tapi kondisional akunya dalam buku. Pertama, program reformasi social security harus dilakukan juga. Kedua tax cut (bahkan tax rebate) harus ditinjau kalau saja prediksi surplus selama satu dekade ternyata tidak terjadi. Dengan 'dukungan' Greenspan ini yang tentunya dipolitisir oleh Bush dan Partai Republik di Kongres, dalam tempo sangat cepat, Bush berhasil mewujudkan ambisinya di tengah optimisme ekonomi Amerika.

Sungguh malang, ternyata ramalan yang dipercaya the Fed dan pemerintah tidak jadi kenyataan. Hanya dalam masa enam sampai sembilan bulan sejak Bush menggantikan Clinton, anggaran pemerintah kembali defisit. Begitu cepat, tapi Bush pantang mundur mewujudkan janji-janji kampanyenya yang menurut Krugman paling menguntungkan orang-orang kaya, khususnya yang super kaya dan merugikan lapisan menengah ke bawah.

Walaupun Greenspan seorang konservatif republiken, dia memandang Administrasi Bush sangat ekstrem dalam ideologi Conservatism. Lebih parah lagi, tidak seperti Clinton, Bush sangat tidak disiplin dalam urusan fiskal. Pada masa Clinton, setiap tambahan pengeluaran harus didukung tambahan pemasukan (dalam hal ini pajak) atau jika tidak pengeluaran tidak boleh bertambah. Sebaliknya di masa Bush, kebijakan budget deficit spending jadi strategi tanpa pandang bulu. Selain itu, Bush dikenal sebagai satu-satunya presiden yang tidak pernah menggunakan hak veto atas keputusan Kongres untuk melaksanakan program-program baru yang menambah pengeluaran pemerintah, yang didominasi program keamanan, pertahanan, dan antiterorisme.

Greenspan menulis dalam bukunya bahwa kebijakan Bush mendukung budget deficit spending tanpa pandang bulu dan ketidakmauannya menggunakan hak veto dalam rangka disiplin anggaran adalah kesalahan terbesar Bush. Bush terlebih lagi sangat loyal dan tidak pernah mau konfrontasi dengan partainya di Kongres. Sebagaimana Krugman dalam bukunya The Conscience of a Liberal, Greenspan menilai bahwa Bush dan kawan-kawan (disebut kubu Movement Conservatism oleh Krugman) lebih mendahulukan loyalitas kepada kelompok.

Situasi sulit Amerika semasa Bush diperburuk dengan ambisi invansi Afghanistan dan Irak. Ancaman terorisme, wabah SARS, bencana alam, skandal kecurangan korporasi seperti Enron, dan lain-lain merupakan faktor penting juga yang membuat resesi di depan mata. Tahun 2003, resesi ditambah kecenderungan deflasi yang terus menerus membuat posisi the Fed sebagai penjaga gawang ekonomi AS semakin penting. Keputusan menurunkan suku bunga untuk menstimulasi ekonomi menjadi konsisten diambil oleh dewan gubernur the Fed. Namun Greenspan tetap berhati-hati, bahkan asumsi beliau sebelumnya bahwa deflasi dapat diatasi dengan mencetak lebih banyak uang diragukannya sendiri karena melihat pengalaman Jepang.

House booming yang terjadi sempat membantu ekonomi AS. Namun begitu bubble berakhir, korban berjatuhan terutama dari kalangan pengutang KPR lapis bawah yang terlambat masuk dan sekalgus tidak didukung ekuitas yang memadai. Sampai akhir jabatannya tahun 2006, Greenspan kelihatan begitu kecewa dengan kondisi yang terjadi, sehingga mafhum saja dengan kekalahan Republik di Kongres tahun 2006; dia sengaja tidak mengatakan kemenangan Demokrat. Namun begitu, hubungan independen antara the Fed dan pemerintah tetap dijaganya berdasarkan kekuatan profesionalisme, integritas, dan moral. Udahan dulu ya. Buruan baca buku The Age of Turbulence.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks for any other great post. The place else may just anybody get that kind of
information in such a perfect method of writing? I've a presentation next week, and I am at the look for such info.
My web page Slow Computer

Anonim mengatakan...

Hi there! Someone in my Myspace group shared this site
with us so I came to look it over. I'm definitely enjoying the information. I'm book-marking and
will be tweeting this to my followers! Terrific blog and fantastic design.
My blog post ... tattoo removal cost

Anonim mengatakan...

of course like your web-site however you have to test the
spelling on quite a few of your posts. A number of them are rife
with spelling problems and I to find it very bothersome to tell the truth however I'll certainly come back again.
Here is my website whitening cream

Anonim mengatakan...

I blog often and I genuinely thank you for your information.

This great article has really peaked my interest. I am going to take a note
of your website and keep checking for new details about
once per week. I subscribed to your Feed as well.
My weblog - cure for acne

Anonim mengatakan...

I believe that is among the such a lot significant information for me.
And i am happy reading your article. But want to remark on some common issues, The web site style is
perfect, the articles is really excellent : D. Just right task,
cheers
My site - nodular acne

Anonim mengatakan...

I’m not that much of a internet reader to be
honest but your sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back down the road. All the best
My blog post asuntoturkista.net

Anonim mengatakan...

Hello there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick
shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your blog posts.

Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same topics?
Thanks!
My web-site - Feriebolig Tyrkia

Anonim mengatakan...

After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your ypanca.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

Anonim mengatakan...

Howdy. Sorry to trouble you but I ran across your blog site and
discovered you're using the exact same theme
as me. The only issue is on my site, I'm battling to get the layout looking
like yours. Would you mind emailing me at: phillippvick@t-online.
de so I can
get this figured out. By the way I have bookmarked your web-site: http://www.

blogger.com/comment.g?blogID=5624112951582714588&postID=8840249186123669367 and will certainly be visiting
frequently.
Thankyou!

my webpage View here

addthis

Live Traffic Feed