Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Rabu, 05 November 2008

Kebijakan Memang Berbalik


Hasil pemilu Amerika yang sudah diketahui mengkonfirmasi neo liberalisme yang diusung Partai Republik sudah mencapai titiknya yang terjauh (lihat artikel saya sebelumnya Kebijakan Berbalik Arah - Y Pan). Karena Amerika selalu memimpin dalam penjelajahan teritori baru, fenomena mentok di Amerika yang kini berbelok dan berbalik dapat diharapkan membuat anchor baru. Paling tidak membuat trend baru.

Pengendalian atau intervensi terhadap pasar, seperti yang dilakukan Administrasi FTR semasa perang, akan mengalami reinstitusionalisasi. Nah bingung kan? Setidaknya reformasi bidang kesehatan, pendidikan, dan jaring pengaman sosial yang mengarah ke privatisasi semasa GOP berkuasa di Gedung Putih akan terhenti (Baca buku The Conscience of a Liberal karya Paul Krugman deh - Y Pan). Terlebih, Obama telah berjanji akan menaikkan pajak orang-orang kaya, yang secara tradisional mendukung GOP (Great Old Party / Partai Republik). Anehnya milyarder seperti Bill Gates dan Warren Buffet malah secara terbuka mendukung Obama. Kocek Pemerintah AS tentu akan terisi lagi buat biaya program-program sosial. "It's the society stupid!" kata Peter Drucker dalam Managing in the Next Society, sembari mengenyek para pendukung paham ekonomi liberal sebagai panglima.

OK deh, cukup dengan hujatan terhadap ideologi anti pemerintah dari kubu neo liberal klasik dan pendukung-pendukungnya yang terutama murid-murid Milton Friedman. Berikut ini beberapa website yang sempat saya ambil snapshot-nya, terkait hasil pemilu Amerika.








2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hidup Obama. Mudah2an umurnya panjang. Smoga mjadi inspirasi buat Indonesia tcinta.

risa mengatakan...

iyah..semoga memberikan pencerahan bagi rakyatnya...:)

addthis

Live Traffic Feed