Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Kamis, 26 November 2009

XBRL atau MDM

Suatu ketika Mas Tony, rekan kantor, mengirimi saya artikel mengenai XBRL dan MDM. Wah apa itu? Eh... jangan buru-buru gitu, yang jelas ini terkait dengan kerjaan kantor. Saya buru-buru baca dan mendapati artikelnya bagus, minimal untuk menambah pemahaman saya mengenai XBRL dan MDM serta hubungan antara keduanya. Karena merasa artikel ini bagus, saya terus buru-buru menerjemahkannya. Siapa tahu ada rekan yang juga membutuhkannya.

Ini dia...

XBRL atau Master Data Management?

Kadang pilihannya jelas, kadang tidak

Oleh Robert D. Kugel (diterjemahkan oleh Y Pan)
12 September 2006

Sumber Asli: http://intelligent-enterprise.informationweek.com/showArticle.jhtml;jsessionid=B1VKDZBZQC5VLQE1GHRSKH4ATMY32JVN?articleID=192701772

Ringkasan
Master Data Management (MDM) dan eXtensible Business Reporting Language (XBRL) merupakan dua teknologi penting yang menjanjikan penyelesaian beberapa masalah-masalah utama manajemen informasi. Ventana Research yakin keduanya akan membuat perusahaan-perusahaan mampu menurunkan biaya, waktu, dan upaya yang diperlukan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan menggunakan informasi, baik untuk tuntutan transparansi, pendukung keputusan, atau bahkan pelaksanaan proses bisnis. Sebagian pengamat menilai keduanya saling bersaing, tapi pada praktiknya masing-masing memiliki kemampuan di bidang tertentu yang paling cocok dan tidak di bidang lainnya. Bahkan di area persinggungan antara keduanya, XBRL dan MDM tidak bersifat murni eksklusif satu sama lain. Kami menyarankan perusahaan-perusahaan untuk mulai meneliti XBRL dan MDM dan mengembangkan keahlian terkait untuk menggunakan keduanya.

Pandangan
Satu tantangan manajemen informasi yang akan dihadapi organisasi-organisasi di tahun-tahun mendatang adalah persoalan kapan harus menggunakan XBRL dan kapan MDM. Ventana Research berpendapat untuk kasus tertentu pilihannya demikian jelas (bahkan jikapun ada beberapa pengecualian) dan untuk kasus-kasus tertentu lainnya baik XBRL maupun MDM dua-duanya dapat dijadikan solusi. Kami sih tidak percaya situasi akan tetap statis karena pilihan-pilihan teknologi, teknik, perangkat, dan aplikasi akan terus menerus berkembang. Sementara kami memandang pendukung masing-masing mengkampanyekan keunggulan satu atas yang lainnya, proses seleksi akan menghasilkan yang terbaik. Sebagai contoh, pada banyak kasus, perusahaan akan menggunakan MDM untuk menfasilitasi proses penandaan (tagging) XBRL terhadap data. Sebaliknya, XBRL mempunyai "master data" -nya sendiri dalam bentuk ”tanda-tanda” (tags). Perluasan XBRL yang spesifik untuk satu perusahaan tentunya harus dikelola sebagaimana item master data lainnya, khususnya karena MDM memainkan fungsi utama dalam mengelola berbagai hirarki data dan struktur bisnis lainnya. Nah, menurut kami, organisasi-organisasi perlu mengembangkan kemampuan pada dua teknologi ini. Lebih cepat, lebih baik.

Di satu sisi, kami meyakini XBRL adalah pilihan yang jelas bilamana data harus di-shared dengan pihak luar organisasi dan tujuannya adalah untuk mengeliminasi (atau mengurangi semaksimal mungkin) kerja atau upaya terkait dengan pengambil data eksternal kemudian penggunaannya untuk suatu keperluan proses bisnis. Tanda-tanda data (data tags) memastikan sistem komputer memahami konteks dari informasi secara jelas dan konsisten, apapun tujuan penggunaan data itu. Jika tanda-tanda (tags) itu sesuai dengan standard eksternal tertentu (misalnya berlaku nasional atau bahkan internasional – Y Pan), konteks data akan bersifat universal dan persisten. XBRL biasanya dikaitkan dengan data finansial karena saat ini kebanyakan proyek terlihat berada di area pelaporan keuangan (financial reporting) perusahaan untuk memenuhi kewajiban regulatoris tertentu. Namun demikian, data yang telah ditandai secara XBRL (mungkin dalam Bahasa Indonesia sebaiknya disebut “data XBRL” saja – Y Pan) dapat digunakan untuk proses bisnis apapun yang membutuhkan pertukaran atau sharing informasi. Kemampuan sharing tersebut sangat bernilai jika data yang terlibat sangat besar dan reguler, ketika data harus dipertukarkan antara banyak partisipan dalam suatu proses bersama (seperti pada proyek rekayasa atau konstruksi), atau ketika diperlukan straight-through processing. Pendek kata, penerapan XBRL yang paling mungkin di luar pelaporan keuangan adalah pada area electronic data interchange (EDI), karena XBRL dapat langsung memenuhi kebutuhan dan struktur data terkait EDI.

Di sisi lain, informasi yang sangat granular (detil – Y Pan) yang digunakan hanya di dalam suatu perusahaan lebih sesuai dan lebih efisien dikelola dengan MDM. Pembuatan dan pemeliharaan (terutama pemeliharaan) daftar item data yang konsisten lintas waktu dan lintas unit kerja suatu organisasi besar (misalnya data pelanggan tertentu, produk individual tertentu, tiap-tiap komponen CoA, dll) akan lebih mudah dikelola dengan MDM. Contoh, sebagian data harus dikelola pada level sangat detil, sementara XBRL tidak mudah memastikan eliminasi duplikasinya. Perusahaan-perusahaan cenderung memilih pengelolaan struktur akun di GL yang mereka miliki sehingga pentotalan dan pengelompokan mengikuti suatu standard internal tertentu (contoh, metode spesifik untuk mengelola hirarki data pelanggan) atau standard eksternal tertentu (seperti level detil yang paling rendah pada laporan keuangan berbasis XBRL).

Ukuran perusahaan agaknya akan memiliki dampak terhadap pilihan antara XBRL dan MDM. Perusahaan kecil – mungkin yang memiliki kurang dari 10.000 pegawai dan pastinya yang memiliki kurang dari 2.500 pegawai – kemungkinan tidak memiliki sumber daya yang cukup atau tidak memiliki kebutuhan MDM. Perusahaan-perusahaan kecil tersebut kemungkinan memiliki lingkungan manajemen informasi yang lebih sederhana dan akan lebih fokus pada pengembangan sumber daya dan keahlian terkait XBRL untuk keperluan pelaporan internal, pelaporan eksternal, dan eksekusi proses.

Penilaian
Ventana Research menilai semua perusahaan, terutama korporasi Global 2000, harus mulai mengembangkan kemampuan XBRL dan MDM di dalam unit kerja keuangan (finance) dan TI-nya. Manajemen informasi merupakan satu persoalan dari persoalan-persoalan yang menekan organisasi / unit TI pada saat ini (2006 dan kemungkinan besar masih sampai hari ini – Y Pan). Kesulitan dalam pengelolaan konsistensi data intra- dan inter- unit kerja dan organisasi mendorong naiknya biaya, menyebabkan lambatnya pelaporan internal dan eksternal, dan menghambat penerapan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien. Pada saat ini, keahlian XBRL dan MDM kelihatannya baru sebagai suatu yang nice to have, tapi kami menduga adopsi XBRL dan MDM oleh perusahaan-perusahaan akan segera bertambah cepat, seiring dengan pemahaman yang lebih baik mengenai nilai bisnis sebenarnya dari kedua teknologi ini. Kami menyarankan perusahaan-perusahaan untuk segera memulai pilot programs / projects dengan sasaran yang moderat sekaligus cukup berarti bagi perusahaan.

Lihat juga artikel terkait:
Master Data Management
Arsitektur Sistem Informasi

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Definitely believe that which you said. Your favorite justification seemed to be on the web
the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get
annoyed while people consider worries that they
plainly do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as
defined out the whole thing without having side-effects , people could take a signal.
Will probably be back to get more. Thanks
Feel free to surf my web-site - www.daily-wet-tshirt.com

Anonim mengatakan...

Today, I went to the beach front with my children.
I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear."
She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her
ear. She never wants to go back! LoL I know this
is completely off topic but I had to tell someone!
My page www.teenpornsexpussy.com

Anonim mengatakan...

Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website?
I'm getting tired of Wordpress because I've had issues with
hackers and I'm looking at options for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.
Also visit my web blog - Local News aggregation website

Anonim mengatakan...

With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation?

My site has a lot of exclusive content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my agreement. Do you know any methods to help prevent content from being ripped off? I'd genuinely appreciate
it.
Here is my blog - christian MLM opportunities

Anonim mengatakan...

Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how can i subscribe for
a blog web site? The account helped me a applicable deal.
I had been a little bit familiar of this your broadcast offered shiny clear concept
Take a look at my blog post : Click On this site

Anonim mengatakan...

Your style is so unique compared to other people I've read stuff from. Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess I'll just book mark this page.
Here is my blog post ; sailboats charter ecommerce specialist

Anonim mengatakan...

Hey there! Someone in my Facebook group shared this site with us
so I came to give it a look. I'm definitely loving the information. I'm bookmarking and
will be tweeting this to my followers! Wonderful blog and terrific design and
style.
Also visit my web site ; Online Casino

Anonim mengatakan...

Hello! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.

Is it very difficult to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about creating
my own but I'm not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? With thanks

Stop by my blog post ... safco chairs
my website: safco office supplies

addthis

Live Traffic Feed