Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Rabu, 27 Februari 2008

Fakta Mengenai Greenspan

Anda tentu tahu siapa Alan Greenspan. Dia adalah Chairman dari the Fed, Bank Sentral Amerika Serikat, sebelum digantikan Ben Bernanke. Sebetulnya jabatan lengkapnya adalah Chairman of the Board of Governors of the Federal Reserve of the United States, seperti Gubernur BI di sini. Saya sedang mendengar audio book berjudul The Age of Turbulence karya beliau. Belum selesai sih, baru kurang lebih 40 persen. Berikut adalah beberapa fakta tentang diri yang ditulisnya sendiri yang saya dapatkan dari buku tersebut.

Greenspan lahir dari keluarga imigran Yahudi, baik ibu maupun bapaknya. Orangtuanya bercerai ketika Greenspan masih kecil, dan dia diasuh oleh ibunya. Bapaknya yang seorang praktisi pasar keuangan hanya sedikit sekali berhubungan dengannya. Namun begitu, bapaknya pernah menulis buku terkait ekonomi dan bisnis yang didedikasikan kepada Greenspan. Bapaknya pernah meramalkan kebijakan ekonomi Administrasi FTR akan berhasil mengatasi krisis Amerika sejak akhir 1920-an itu. Nah ini pendapat saya sendiri: mungkin dari bapaknya itu Greenspan mewarisi ketertarikannya pada matematika dan ilmu ekonomi.

Di awal kariernya sebagai ekonom, bersama kenalannya Greenspan membuka firma konsultan ekonomi Townsend-Greenspan sesuai nama mereka berdua. Klien mereka perusahaan-perusahaan besar, termasuk perusahaan baja yang pada saat itu menjadi gambaran kekuatan ekonomi AS. Metode ekonometrik dan modeling yang diterapkannya sangat membantu dalam memberikan nasihat ekonomi kepada para CEO, cuma bahasanya dikemas dalam istilah-istilah yang lebih mengena bagi praktisi bisnis. Karier Greenspan di area ekonomi mikro ini berlangsung lama hingga beliau mulai dikenal pemerintah AS dan terlibat interaksi dengan pejabat-pejabat DepKeu AS dan inner circle.

Dia nggak suka dengan Nixon, walaupun sama-sama republiken. Hanya setelah Reagan jadi presiden, Greenspan akhirnya mau bener-bener terjun membantu pemerintah, tidak tanggung-tanggung sebagai Chairman dari Fed, tahun 1987. Tidak heran kalau Greenspan menyatakan sebagai pendukung ideologi Conservatism yang dianut oleh Reagan dan GOP (Republik). Setelah itu Anda pasti tahu beliau bertahan hampir dua puluh tahun di posisinya menjaga kestabilan harga di AS, padahal presiden silih berganti dari Republik (Reagan, Bush senior, Bush yunior) dan Demokrat (Clinton). Uniknya ketika pertama menduduki posisi sebagai chairman, Greenspan justru banyak nggak tahu mengenai fungsi the Fed, bahkan ada fungsi yang tadinya tidak ia pikirkan sebagai bagian dari the Fed.

Di masa awal kepemimpinannya, ia langsung diuji dengan peristiwa yang disebut the black monday. Setelah itu, banyak permasalahan yang menerpanya, termasuk the dotcom booming, stock market bubble, housing bubble, perbedaan kepentingan dengan penguasa yang kebetulan justru memilihnya untuk duduk di posisi tersebut. Bush senior pernah berkata, dia yang saya tunjuk, justru dia yang membuat saya kalah (kurang lebih begitulah). Waktu Clinton naik, Greenspan menyadari bahwa presiden AS dari Partai Demokrat tersebut seorang yang cerdas dan pragmatis. Hingga akhir Administrasi Clinton, Greenspan tetap setia mengawal ekonomi AS. Di akhir-akhir masa Clinton, pertama kali budget surplus terjadi. Ini sukses yang diklaim baik oleh Partai Republik maupun Demokrat. Cukup aneh kan? Ada dua ideologi ekonomi yang berbeda mengklaim suatu keberhasilan yang sama.

Akhirnya beberapa hal lain yang cukup pantas disebutkan di sini sejauh bacaan saya adalah suksesi ke penggantinya Bernaken. Proses ini jauh berbeda dengan proses pengangkatannya sendiri menjadi Gubernur Bank Sentral AS itu. Pergantian jabatan presiden, Fed's chairman, dan jabatan publik lainnya di AS selalu bisa berjalan mulus, bagaimanapun belokan yang diambil. Waktu Gore kalah dari Bush yunior dengan beda tipis, langsung saja Gore memberi selamat ketika sudah ada kejelasan. Untuk mengetahui fakta-fakta mengenai Greenspan lainnya, termasuk percintaan dan perkawinannya, baca deh buku The Age of Turbulence.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed