Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Sabtu, 11 April 2009

Foto Penghitungan Suara

Tugas paling berat KPPS sebenarnya adalah penghitungan suara. Pemilu 2009 ini membatasi pemungutan suara sampai dengan jam 12.00 siang. Nah, setelah itu, yang berat. Dari observasi saya di TPS 7, RT 06/01, Pengasinan, Rawalumbu, perhitungan satu kotak suara yang berisi sekitar 200-an surat suara membutuhkan waktu sekitar dua jam. Totalnya, kotak suara DPR RI, DPRD I, DPRD II, dan DPD bisa sampai delapan jam. Mungkin untuk kotak suara DPD bisa lebih cepat karena jauh lebih sederhana dibanding tiga kotak suara lainnya. Nggak heran deh kalau ada TPS yang baru beres jam 8.00 atau jam 9.00 malam atau bahkan lebih. Panitia KPPS yang baik hati mungkin perlu istirahat total deh besoknya.

Berikut foto-foto yang saya ambil.

Petugas membuat tally perolehan suara masing-masing partai dan caleg...



Terlihat di gambar di bawah ini, untuk mempercepat proses, dari kotak suara, surat suara 'terpaksa' dibuka, ditebar, dan ditumpuk semua terlebih dahulu sebelum disaksikan pilihannya satu per satu. Sah atau tidak. Nggak tahu deh, apakah ini pelanggaran secara teknis. Yang jelas saya cek di TPS lain di RW 06, hal yang sama juga dilakukan. Kalau dari pengamatan saya, risiko rusaknya surat suara, apalagi disengaja, tidak terlalu besar. Ya... apalagi selama semua pihak, terutama saksi dan pengawas, melakukan tugasnya dengan baik. Pada dasarnya, orang-orang yang terlibat di sini jujur-jujur.



Kerja sampai malam di bawah cahaya seadanya. Mata perlu kerja keras agar pilihan pada surat suara tidak keliru dinilai...



Panitia KPPS menyiapkan laporan-laporan. Banyak banget. Kasihan deh. Akibatnya, mereka mungkin melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Apalagi saya dengar KPU tidak memberikan cukup waktu untuk melatih panitia di tingkat akar rumput ini.



Baca artikel terkait:
Foto Hari Pencontrengan
Pemilu 2009 Gagal
Detik Menuju Pemilu
Kampanye Sehat

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed