Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Senin, 27 April 2009

Menunggu tanpa Informasi

Hari ini saya ke bank lagi. Ada tagihan yang mesti dibayar. Ah, seandainya nggak ada tagihan mendadak, nggak perlulah saya ngantri lama. Teringat Jum'at yang barusan berlalu. Saya berniat melunasi hutang dan membayar pendaftaran sekolah buat Rita. Saya berangkat sebelum jam 11 setelah minta izin meninggalkan rapat. Sesampainya di bank yang cuma beberapa menit jalan kaki dari kantor, saya dapati antrian teramat panjang seperti hari ini.

Bedanya Jum'at itu, waktu mepet banget menjelang khutbah Jum'at. Satu per satu pelanggan dilayani. Langkahnya pelan tapi pasti. Ah pasti keburu nih. Tapi begitu antrian tinggal dua orang lagi di muka, proses pelayanan seolah berhenti. Lima menit berlalu. Sepuluh menit pun berlalu, sementara jarum jam makin cepat menyuruh muadzin mengumandangkan adzan. Lima belas menit berlalu. Satu konter teller tutup. Kayaknya petugasnya siap-siap shalat Jum'at. Antrian nggak maju-maju.

Sebelnya, nggak ada informasi. What's going on? Sabar sih bisa, tapi yang ini di bank yang tampangnya profesional, sifat sabar nggak bisa dijadikan alasan bagi manajemen untuk mengecewakan pelanggan. Informasi ada? Tetep nggak ada! Kayak di stasiun dan KRL aja, sering kita nggak tahu kapan penantian akan berakhir. Oh... Lihat Greget Informasi di Stasiun.

Kalau memang antrian seolah berhenti, wajar dong kalau ada pengumuman ke antrian pelanggan yang panjang. Mungkin penjelasannya kurang lebih begini. Tanggal-tanggal segini memang transaksinya banyak-banyak. Wah, kalau diberitahu dari tadi kan lumayan. Ada kepastian. Terus, kalau memang sudah tahu transaksi Jum'at sekitar tanggal 24-25 jam 11-12 selalu menggunung, mengapa nggak diatur teller perempuan lebih banyak yang bertugas?

Hari ini lumayan. Pelayanan antrian nggak mandek. Nggak ada juga desakan panggilan dari muadzin. Ah, sebenarnya saya ingin pelayanan bank saya ini selalu prima. Mungkin kesadaran mengenai pentingnya informasi perlu ditingkatkan. Bahkan di bank nasional!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hal yang hampir mirip tampaknya juga terjadi pada saya. Bedanya jenis pelayanan adalah masalah transfer uang. Kejadiannya terjadi pada hari Jum'at yang lalu juga (24/4).

Dengan niat agar uang transfer dapat sampai pada bank tertuju, saya sengaja untuk ke Bank pagi-pagi pas jam pelayanan nasabah dibuka. Sedikit curi-curi waktu kerja terpaksa, soalnya mendesak banget. Sampai di sana, pintu pas dibuka dan segera mengisi form transfer. Karena ingin transfer cepat sampai, pilihan ada pada transfer RTGS yang menurut iklannya hanya butuh hitungan menit, meski biaya yang dibebankan lumayan mahal (padahal dari host-nya RTGS, si Bank gak harus bayar segitu....). Setelah selesai, pulanglah saya kembali bekerja. Waktu menunjukkan pukul 09:00 WIB. Perhitungannya uang transfer sudah harus masuk at least sekita jam 10:00 WIB dong...

Setelah Jum'atan dan makan siang, sekitar jam 13:30 WIB, saya coba cek melalui e-banking bank tertuju, apakah transfer saya tadi pagi sudah masuk. Dan aneh bin ajaib, uang ternyata belum masuk. Sudah 5 jam berlalu dari pukul 09:00 WIB waktu transfer. Buru-buru saya telepon bank asal, penjelasannya adalah sebagai berikut :" Biasanya memang dari bank asal butuh 2-3 jam pemrosesan RTGS karena harus connect ke kantor pusat". Telepon ke bank tertuju :" Uang Bapak belum masuk, mungkin karena hari Jum'at, antrian padat. Dari BI juga kami belum terima laporan". Nah, Lho, katanya transfer RTGS dalam hitungan menit???. Kenapa harus menunggu 2-3 jam di bank asal? Saya pernah denger, meskipun ini transfer RTGS, tetap saja transfer tidak dijalankan satu-satu tetapi katanya menunggu transferan lain (di bacth). Lho kok gitu ya? kenapa harus menunggu dari BI dulu laporannya di bank penerima? Bukannya udah online?

Akhirnya, jam 14:30 WIB, saldo saya baru bertambah di bank penerima. So, ternyata butuh waktu 5 jam 30 menit untuk sebuah transfer RTGS......lama amat yach?

Semoga lain waktu ada pihak yang berwenang untuk membuat hal ini lebih baik lagi. Wassalam

Y Pan mengatakan...

Hehehe, walaupun kasusnya beda dikit, kayaknya kita sama-sama kecele sama bank. Banknya sama nggak ya? Ah... jangan dijawab.

addthis

Live Traffic Feed