Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Jumat, 28 Maret 2008

Hasil Polling Gubernur BI

Pengunjung blog ini memang (masih) belum banyak, tapi dari GoogleAnalytics saya lihat sekurangnya dalam sebulan kunjungan berjumlah 650-an. Terima kasih buat rekans yang telah berkenan mampir lantaran email saya maupun hasil GoogleSearch, yang saya kenal maupun tidak. Memang pengunjung yang 650-an itu bisa datang berkali-kali, dan kalau lihat laporan GoogleAnalytics, pengunjung absolut dalam satu bulan tidak kurang berjumlah 450-an. Jadi dalam sepekan rata-rata 110-an, termasuk pada periode polling Gubernur BI yang saya adakan di blog ini.

Kelihatannya yang berminat mengikuti polling hanya sekitar 10 persen, paling banter 15 persen. Saya nggak tahu apakah ini memang seperti polling di website lain, karena saya nggak punya pembanding. Anyway, nggak apalah kondisinya seperti ini. Apalagi saya kan iseng aja. Mungkin berikutnya saya adakan polling Gubernur Jabar. Ntar kita lihat dan bandingkan sama-sama hasilnya.

Nah, hasil polling Gubernur BI sejauh ini (waktu polling masih tersisa 23 jam) adalah sebagai berikut.

Muliaman D Hadad, 3 suara (27%)
Hartadi A Sarwono, 1 (9%)
Miranda S Goeltom, 1 (9%)
Dradjad Wibowo, 1 (9%)
Emir Moeis, 0 (0%)
Rizal Ramli, 1 (9%)
Faisal Basri, 1 (9%)
Boediono, 2 (18%)
Sri Mulyani Indrawati, 1 (9%)
Anggito Abimanyu, 0 (0%)
Darmin Nasution, 0 (0%)
Lainnya, 0 (0%)


Kaget? Mudah-mudahan nggak, lagipula kita sudah tahu kelemahan polling di website dan nggak begitu aja menerima hasilnya. Sampel terlalu kecil, juga ada masalah self-selection. Lihat artikel saya sebelumnya, Polling di Blog. Tapi keputusan Pak Presiden untuk mengajukan kandidat juga bukan berdasarkan masukan dari seluruh masyarakat, kan? Beliau pasti meminta dan mendapatkan masukan. Sama juga, cenderung bias ke arah tertentu, yaitu preferensi Pak Presiden sendiri.

OK, kalau kita berspekulasi bahwa orang yang mengikuti polling di sini adalah orang tertentu yang peduli, punya kecenderungan seperti Pak Presiden punya kepedulian juga, dan punya kebijaksanaan dalam memilih (berdasarkan informasi publik dan privat yang dikuasainya), maka spekulasi berikutnya ini jadi nggak terlalu norak. Yang paling pantas menjadi Gubernur BI menurut polling ini adalah Muliaman D Hadad. Kalau sampai beliau diajukan ke DPR, kans jadinya tinggi. Berikutnya Boediono. Bagi Presiden, mungkin Boediono adalah jagonya, karena dari luar Dewan Gubernur BI yang sekarang.

Apapun, hasil polling ini menyarankan kepada Pak Presiden untuk mengajukan Muliaman D Hadad dan Boediono sebagai calon Gubernur BI. Kalau calonnya harus tiga, Presiden dapat memilih antara Hartadi A Sarwono, Miranda S Goeltom, Drajad Wibowo, Rizal Ramli, Faisal Basri, Sri Mulyani, atau Agus Martowardoyo yang sebetulnya mendapat dukungan cukup banyak juga sebelumnya.

Jangan diseriusi ah... Lihat artikel sebelumnya, Calon Gubernur BI.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed