Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Selasa, 21 Oktober 2008

Menggugat Warisan Greenspan 10

Gonjang-ganjing Wall Street - yang telah menelan perusahaan seperti Bear Stearns dan Lehman Brothers serta bikin semaput raksasa asuransi American International Group - terjadi karena para pelaku pasar dan klien-klien mereka tergantung satu dengan yang lain melalui derivatif.

Pada bulan-bulan terakhir, ketika krisis keuangan AS benar-benar mendapat momentum, kemunculan Greenspan di publik semakin jarang saja.

Catatan perjalanannya (The Age of Turbulence) dipublikasikan pertengahan 2007, mana kala bencana mulai terungkap, dan tur buku beliau segera menjadi ajang diskusi menarik (penghakiman mungkin - Y Pan) perihal kebijakan-kebijakannya. Ketika versi yang lebih murah (paperback) muncul tahun ini, Mr Greenspan menulis sebuah epilog yang berisi suatu sanggahan (untuk membela diri dan keyakinannya - Y Pan).

"Manajemen risiko tidak akan pernah mencapai kesempurnaan," tulis beliau. Pihak yang bersalah, tulisnya lagi, adalah para bankir yang kepentingannya (self interest) justru beliau perjuangkan dan pertaruhkan.

"Mereka berjudi menambah risiko terus menerus dan menjual risiko dimaksud sebelum banjir besar datang," demikian Greenspan. "Hampir semuanya (pelaku pasar yang bertaruh dengan risiko di Wall Street - Y Pan) salah langkah."

Tidak ada tindakan intervensi pemerintah untuk menghentikan perilaku berisiko tinggi tersebut, akan tetapi Greenspan tidak menyesal sama sekali.

"Pemerintahan dan bank-bank sentral," tulisnya, "tidak dapat mengubah arah booming pasar."

Y Pan: Bagaimana? Apakah Anda termasuk pembela Greenspan?

Lihat bagian kesembilan. Kembali ke awal.
Lihat artikel asli.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed