Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Rabu, 15 Oktober 2008

Menggugat Warisan Greenspan 6

"Nggak ada hal dalam regulasi yang dilakukan pemerintah per se yang membuatnya superior dibandingkan regulasi pasar sendiri." (Dalam buku The Age of Turbulence, Greenspan menulis supervisi yang paling efektif adalah supervisi yang dilakukan oleh counterpart, bukan oleh otoritas pemerintah - Y Pan.)

Greenspan memang memperingatkan bahwa derivatif dapat mem-besar-kan krisis karena derivatif menghubungkan nasib lembaga-lembaga yang nampaknya independen. "Justru efisiensi yang ditimbulkan derivatif menyebabkan, jika harus terjadi, krisis ditransmisikan atau menjalar dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dan dengan tingkat bahaya yang lebih besar."

Beliau menambahkan, tapi, risiko di atas amat sangat jauh. Lagian risiko adalah bagian dari hidup. Begitulah.

Kemudian pada tahun itu juga, Mr Markey mengajukan rancangan undang-undang regulasi derivatif, tapi nggak pernah lolos.

Resistensi terhadap Peringatan

Pada tahun 1997, badan pengawas pasar komoditas berjangka Amerika mulai menjajaki kemungkinan regulasi derivatif. Badan dimaksud, waktu itu dipimpin oleh seorang pengacara bernama Brooksley E. Born, mengundang komentar tentang bagaimana sebaik-baiknya mengawasi instrumen derivatif tertentu.

Ms Born kuatir perdagangan yang tak terkendali dan sulit dimengerti dapat mengancam pasar kita (AS maksudnya - Y Pan) yang diregulasi atau bahkan ekonomi kita tanpa pihak berwenang tahu sama sekali. Demikian kesaksiannya di depan DPR. Dia menuntut dalam derajat yang lebih besar pengungkapan informasi transaksi (derivatif - Y Pan) dan pencadangan dana sebagai upaya berjaga-jaga dari kerugian.

Pendapat Ms Born mengundang penolakan amat sangat dari Greenspan dan Robert E. Rubin, waktu itu MenKeu. Pengacara-pengacara DepKeu menyimpulkan bahkan hanya mendiskusikan aturan baru sudah mengancam pasar derivatif. Greenspan mengingatkan terlalu banyak aturan dapat merusak Wall Street karena investor akan kabur ke luar negeri.

"Greenspan berkata ke Brooksley betapa nggak ngertinya wanita itu atas apa yang dilakukannya dan dia dapat menyebabkan krisis," berkata Michael Greenberger, dulu direktur senior di badan pengawas pasar komoditas. "Brooksley adalah wanita ini yang nggak gaul dengan orang-orang ini. Ada sedikit perasaan kalau dia bukan dari kalangan Wall Street."

Bersambung ke bagian ketujuh. Lihat bagian kelima.
Lihat artikel asli.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed