Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Senin, 13 Oktober 2008

Menggugat Warisan Greenspan 4

... Keyakinan pada Sistem

"Kelihatannya berlebihan untuk membatasi transaksi (sebagian) derivatif yang baru-baru dan instrumen finansial inovatif lainnya dari dekade ini," begitu tulis Greenspan. "Kontrak yang paling buruk telah gagal (di pasar - Y Pan) dan investor tidak akan menggunakannya lagi di masa depan."

Dalam pidatonya di Georgetown, beliau tidak menyinggung regulasi sama sekali, sembari mengatakan krisis disebabkan kegagalan Wall Street untuk berperilaku dengan cara-cara terhormat.

"Dalam suatu sistem pasar yang berdasarkan kepercayaan (lihat ringkasan buku The Speed of Trust yang pernah saya tulis di blog ini - Y Pan), reputasi memiliki nilai ekonomi yang penting," kata Greenspan kepada audiens. "Oleh karena itu, saya sangat menyayangkan betapa kita telah begitu jauh membiarkan reputasi tak dihargai dalam tahun-tahun belakangan."

Sebagai Gubernur Fed Res bangkotan, Mr. Greenspan selalu menda'wahkan kekuatan pasar yang transenden yang mampu menciptakan kemakmuran (wealth-creating).

Sebagai penganut paham liberalisme (libertarianism), beliau menggunakan di antara pengaruh-pengaruh lainnya pengaruh seorang novelis Ayn Rand, yang menggambarkan kekuatan kolektif sebagai kekuatan jahat yang berhadapan dengan kekuatan kepentingan pribadi yang tercerahkan. Selanjutnya, beliau memiliki keyakinan sangat kuat bahwa pelaku pasar keuangan akan bertindak dengan cara yang bertanggung jawab.

Studi terhadap kebijakan Greenspan terhadap regulasi keuangan, khususnya derivatif, selama lebih dari dua dekade menunjukkan betapa beliau mempertaruhkan kondisi ekonomi negara berdasarkan keyakinan itu.

Ketika pasar derivatif mulai terbentuk di awal 1990-an dan pada tahun-tahun berikutnya, para kritikus menyampaikan kekuatiran tidak adanya aturan yang memaksa lembaga keuangan membuka informasi mengenai posisi mereka dan memaksa mereka mencadangkan dana untuk berjaga-jaga dari bermasalah.

Lagi-lagi, Mr. Greenspan yang disegani, dihormati, dan dijuluki Oracle menyatakan bahwa risiko dapat dikelola sendiri oleh pasar (tidak perlu diatur-atur maksudnya - Y Pan).

Bersambung ke bagian kelima. Lihat bagian ketiga.
Lihat artikel asli.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed