Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Rabu, 15 Oktober 2008

Menggugat Warisan Greenspan 7

Ms Born menolak berkomentar (perihal penolakan Greenspan atas usulnya dulu - Y Pan). Mr Rubin (sebaliknya), sekarang eksekutif senior di Citigroup, berkomentar bahwa sebetulnya dia condong kepada regulasi - khususnya peningkatan dana cadangan kerugian - tapi saat itu dia menilai tidak mungkin baginya melakukan itu dalam posisi MenKeu.

"Semua tekanan di sistem mengarah pada penolakan regulasi," katanya. Industri keuangan sudah tentu menolak peningkatan regulasi. Sulit mendapatkan dukungan dari opini publik.

Mr Greenberger percaya iklim politik ketika itu dapat berubah seandainya Rubin terbuka meminta regulasi.

Awal 1998, wakil Rubin di DepKeu, Lawrence H. Summers, memanggil Born dan memojokkannya karena mengambil langkah yang dapat memicu krisis. Demikian menurut Greenberger. Ketika dikonfirmasi penulis, Mr Summers mengaku lupa percakapan tersebut tapi memang setuju dengan Greenspan dan Rubin bahwa usulan Ms Born "sangat bermasalah."

Pada 21 April 1998, para regulator sektor keuangan pemerintah pusat bertemu di ruang konferensi DepKeu untuk membahas usulan Ms Born. Baik Rubin maupun Greenspan mendesak Born untuk menimbang ulang, menurut Greenberger dan Levitt.

Ms Born pantang mundur. Pada 5 Juni 1998, Greenspan, Rubin, dan Levitt meminta DPR menghentikan Born hingga para regulator senior muncul dengan rekomendasi mereka. Mr Levitt sekarang menyesali keputusan itu. Mr Greenspan dan Mr Rubin "bersekongkol dalam masalah ini," katanya. Mereka memang sangat menolak usulan Born dan mempengaruhi saya bahwa ini dapat jadi chaos.

Segera kebenaran Born terbukti. Pada musim gugur 1998, perusahaan hedge fund Long Term Capital Management hampir kolaps, karena transaksi-transaksi derivatif bermasalah, di antara masalah lain. Lebih dari selusin bank mengumpulkan 3,6 miliar dollar untuk menyelamatkan LTCM (oleh swasta tapi, bukan pemerintah federal - Y Pan) dari kebangkrutan dan menghindarkan masalah susulan di perusahaan-perusahaan terkait.

Bersambung ke bagian kedelapan. Lihat bagian keenam.
Lihat artikel asli.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed