Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Selasa, 14 Oktober 2008

Menggugat Warisan Greenspan 5

"Usulan untuk mengadakan regulasi (terhadap derivatif - Y Pan), sekalipun minimalis, selalu ditolak oleh Greenspan dan pejabat tertentu di DepKeu," demikian kenang Alan S. Blinder, seorang mantan anggota DG Bank Sentral AS dan ekonom dari Princeton University. "Saya menilai bahwa beliau selalu menjadi pendukung setia derivatif."

Arthur Levitt Jr., seorang mantan Ketua Bapepam AS (SEC), mengatakan Greenspan menolak regulasi derivatif karena akan menjadi aib mendasar pemerintah.

Levitt lebih jauh mengatakan otoritas dan pengaruh Greenspan di sektor finansial global mendorong anggota legslatif, sebagai pembuat undang-undang, yang umumnya kurang paham mengenai sektor finansial untuk mengikuti saja pendapat beliau.

"Saya selalu merasa bahwa keangkuhan para legislator kita tidak ingin mengakui ketidakmampuannya dalam memahami konsep-konsep Greenspan," demikian Levitt. "Saya tidak pernah mendengar ada yang mengatakan, 'Apa sih maksud lo, Alan?'"

Ada sih, dalam jangka waktu teramat panjang, yang pernah mengajukan pertanyaan. Tahun 1992 Edward J. Markey, seorang demokrat dari Massachusetts yang mengetuai subkomisi telekomunikasi dan keuangan DPR, menanyakan apa yang perlu dipelajari otoritas berwenang (waktu itu The General Accounting Office) mengenai risiko-risiko derivatif.

Dua tahun kemudian otoritas akunting dimaksud menyampaikan laporan adanya celah dan kelemahan yang signifikan dalam pengawasan regulatori terhadap derivatif.

"Kegagalan mendadak atau penarikan besar-besaran dari perdagangan oleh salah satu perusahaan dealer besar dapat menyebabkan masalah likuiditas di pasar dan juga menyebarkan risiko ke pihak lain, termasuk bank-bank di bawah program penjaminan pemerintah federal dan sistem keuangan seluruhnya," Charles A. Bowsher, Ketua otoritas akunting, menjelaskan di hadapan Markey dan komisinya pada tahun 1994. "Untuk kasus tertentu, intervensi telah dan dapat berakhir dengan bailout yang dibayarkan untuk atau digaransi oleh pembayar pajak."

Dalam kesaksiannya pada waktu itu, Mr Greenspan meyakinkan kembali bahwa risiko-risiko di pasar keuangan, termasuk pasar derivatif, diatur oleh pihak-pihak swasta (pelaku pasar sendiri - Y Pan).

Bersambung ke bagian keenam. Lihat bagian keempat.
Lihat artikel asli.

2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

addthis

Live Traffic Feed