Perusahaan hebat memilih konsep bisnis yang sederhana dan jelas, seperti strategi landak menghadapi rubah dengan menggulung tubuhnya untuk menghindari serangan dari segala arah. Konsep ini disebut the hedgehog concept dan datang dari tiga pertanyaan berikut. (a) Bisnis apa yang dapat dilakukan sebagai yang terbaik di dunia? (b) Bisnis apa yang dapat membangkitkan gairah dan semangat manajemen maupun pegawai? (c) Bisnis apa yang mendatangkan keuntungan?
Konsep bisnis perusahaan hebat memenuhi ketiga pertanyaan di atas sekaligus. Salah satu saja syarat tidak dipenuhi: bila perusahaan tidak dapat menjadi yang terbaik, atau pemimpin dan pegawainya tidak semangat dengan bisnisnya, atau bisnis tersebut tidak menguntungkan (mendatangkan manfaat, untuk non profit), jangan lakukan bisnis itu. Fokuslah!
Rabu, 23 Januari 2008
Good to Great (5)
Label:
manajemen,
nilai-nilai,
review buku
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
addthis
Kategori
- bahasa-matematika (23)
- demokrasi-politik (51)
- ekonomi-bisnis (71)
- lebih personal (42)
- manajemen (111)
- nilai-nilai (137)
- review buku (68)
- sistem informasi (37)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar