Transformasi perusahaan dari kondisi biasa saja (good) ke kondisi hebat (great) sering kelihatan revolusioner dan dramatis. Pada kenyataannya, tranformasi tsb merupakan akumulasi proses-proses panjang.
Walaupun hasil akhirnya kelihatan dramatis, transformasi from good to great tidak pernah terjadi hanya dengan satu aksi hebat. Sebaliknya, transformasi tsb seperti memutar piringan keberhasilan raksasa yang sangat berat (the flywheel), yang memerlukan upaya-upaya terus menerus dan konsisten (build-up process) dalam jangka panjang, hingga putarannya mencapai momentum yang pada akhirnya dapat melahirkan suatu hasil dramatis (breakthrough).
Perlu pula dikemukakan, transformasi yang gagal biasanya mengikuti pola yang berbeda, yaitu mencoba jalan pintas dan melompat menuju terobosan, penuh dengan hura-hura, slogan, dan aksi-aksi heroik besar, tetapi tidak fokus dan tidak konsisten. Hasilnya adalah kegagalan, yang kemudian dikoreksi kembali dengan hura-hura, slogan, dan aksi-aksi besar, seperti lingkaran setan (the doom loop). Mau?
Bagaimana fenomena from zero to hero ini terjadi pada perusahaan-perusahaan merupakan topik penelitian Jim Collins yang dituangkan dalam bukunya Good to Great. Ingin tahu jawabannya. Ikuti links berikut.
Rabu, 23 Januari 2008
Good to Great
Label:
manajemen,
nilai-nilai,
review buku
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
addthis
Kategori
- bahasa-matematika (23)
- demokrasi-politik (51)
- ekonomi-bisnis (71)
- lebih personal (42)
- manajemen (111)
- nilai-nilai (137)
- review buku (68)
- sistem informasi (37)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar