Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Minggu, 13 Januari 2008

Nama

Nama saya Yulistian Pancawijaya, biasa juga dikenal dengan Aan (nama kecil) atau Y Pan. Harus diakui bahwa nama lengkap saya memang kepanjangan, tapi begitulah sepasang orangtua memilih nama yang paling cocok buat putra kelimanya yang tercinta. Karena kepanjangan itulah, sedari kecil dalam keluarga maupun dalam komunitas sepermainan saya terbiasa dipanggil Aan -- begitu singkat. Sementara bagi kebanyakan orang bule, baik Aan maupun Yulistian Pancawijaya tetap nama-nama yang sulit diucap dan diingat.

Waktu saya berkesempatan sekolah di University of Illinois at Urbana-Champaign, tahun 1998-2000, saya mulai sering memperkenalkan diri dengan nama Y... ya huruf "Y" yang dalam alfabet Bahasa Inggris dilafadzkan sebagai WHY. Perkenalan dengan nama ini terasa lebih mudah, setidaknya bagi saya, di tengah-tengah komunitas bule. Bagaimana dengan nama belakang? Pan adalah pilihan yang terasa paling enak. Jadi lain waktu memperkenalkan diri, saya bisa berkata my name is Y Pan, Pan as in Peter Pan, hehehe...

Sebenarnya ide menggunakan nama Y Pan tidak muncul begitu saja. Konsepsinya dimulai sekitar tahun 1994. Setelah selesai kuliah di salah satu perguruan tinggi ngetop di Bandung, saya bersama teman-teman mulai masuk dunia kerja dan kami terdampar di tanah Riau, tidak jauh dari tepian Sungai Siak. Perusahaaan tempat kami bekerja sebagai Programer Analyst punya hubungan erat sekali dengan perusahaan minyak Amerika. Oleh karenanya, tidak aneh kalau satu dua hari mulai kerja, saya sudah dapat email, yang waktu itu masih belum sejamak sekarang. Email address saya ketika itu adalah ypancaw@ptblablabla.com. UserID ypancaw tentunya diambil dari huruf pertama nama depan saya dan digabung dengan nama belakang saya. Karena kepanjangan, tentu tidak bisa dihindari pemotongan ypancawijaya menjadi ypancaw oleh Pak Admin.

Selama kerja tahun 1994-1995, banyak pengalaman yang betul-betul berharga, tetapi yang ada hubungannya dengan posting ini adalah salah seorang teman saya kerap memanggil saya YP yang di-pronounced dalam Bahasa Inggris. Jadilah saya seorang yang seolah-olah mengenali diri dengan identitas baru. Singkat cerita, setelah evolusi yang cukup lama, sepertinya saya merasa nyaman dengan nama pendek nan keren Y Pan (dilafadzkan menggunakan Bahasa Inggris) di samping nama kecil saya Aan dan nama lengkap pemberian orangtua saya yang sangat indah: Yulistian Pancawijaya. I'm always grateful to have such great parents!

6 komentar:

-: a.l.i.f.y.u.k.k.a.s :- mengatakan...

Assalamu 'alaikum ww.

Salam kenal juga.

Nama saya masih tetap: Alif, kalo digabung dg Lam, bisa ditulis dengan satu huruf Arab (Lam-Alif) dan sudah mewakili 2 -- ya, DUA -- orang.. :D

Apa kabar Bos?

Alif Yukkas

Y Pan mengatakan...

Alaikumus-Salam, baik Lif. AlhamdulilLah denger khabar lagi dari Alif.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum ww.

Wah, Y Pan keren juga An. Teruskan saja. Pancawijaya itu sebuah do'a: "agar yang nomor lima ini sukses dunia akhirat". Teruslah menulis, dan tetap yang santun.

Sofyan Mukti.

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb
hmmm.... blognya serius, Aan bangeth :) bacanya gak bisa sambil lalu tapi musti sambil mikir.... he he he
congrat atas new blognya, wow sekali, baru sebentar tulisan udah banyak.
dalam hal buku, ternyata ada 4 buku yg juga aku baca, AAC, LP, di atas sajadah cinta dan Laa tahzan.
Semoga terus mengalirkan tulisan yg bermanfaat bagi pembacanya. Amin

Y Pan mengatakan...

Alaikumus-Salam, terima kasih Uut sudah mampir. Saya nggak kaget kalau empat buku tersebut sama-sama kita baca, soalnya bagus banget. Mengenai tetralogi LP, saya sendiri baru baca, direkomendasikan oleh orangtua dan saudaraku.

Bocah Dekil mengatakan...

Salam kenal dan salam persaudara'an ya.

addthis

Live Traffic Feed