Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Sabtu, 26 Januari 2008

Sistem Informasi... Apa Sih?

Sebagaimana saya kemukakan pada posting sebelumnya berjudul Revolusi Informasi, sebagai konsep, informasi sudah berumur setua manusia karena penggunaannya sangat embedded alias melekat dengan keberadaan manusia itu sendiri. Semua pesan yang lalu lalang dalam pikiran manusia dan yang lalu lalang antara pikirannya dengan dunia luar adalah informasi. Dunia luar yang dimaksud tentunya termasuk tubuhnya sendiri, dengan seluruh komponen pembentuknya. Eh... jadi rumit dan sok filosofis.

Dengan mengabaikan kerumitan filosofis dari pengertian di atas, kita rasanya dapat sepakat bahwa manusia senantiasa terus menerus memproses informasi. Melanjutkan simplifikasi, saya ingin mengajukan dua kategori besar, yaitu pengolahan hampir otomatis dan nyaris tak disadari (instinctive process) dan pengolahan informasi yang disengaja (deliberate process). Pasti ada gradasi antara keduanya, tetapi kita coba berpikir sederhana.

Pengolahan informasi yang instinctive tidak akan banyak dibahas selanjutnya. Hanya yang perlu dicatat adalah sikap manusia yang kurang bersyukur atas anugerah Tuhan yang sangat istimewa ini, yang tanpanya bisa-bisa manusia melukai dirinya atau membiarkan dirinya terluka. Itu pertama. Yang kedua, kita perlu sadari juga bahwa pemrosesan model basic instinct ini bisa mempengaruhi keseluruhan proses informasi secara signifikan tanpa disadari.

Selanjutnya, kita coba beranjak ke pemrosesan informasi deliberate. Contoh sederhananya antara lain percakapan antara individu, respon pengemudi terhadap lampu lalu lintas, dan persaksian para saksi di TPS pada hari pencoblosan. Pemrosesan yang lebih kompleks misalnya kolaborasi sedemikian banyak orang dalam mengisi konten wikipedia, terlebih lagi internet secara keseluruhan. Ada pula seorang dokter melakukan tanya jawab dengan pasien untuk mengetahui penyakit yang diderita.

Nah, sekarang saatnya kita mencari definisi sistem informasi. Pengertian sederhana dari sistem informasi adalah suatu sistem yang terdiri dari manusia, sarana atau perangkat, proses, dan aturan yang dibangun untuk memfasilitasi pemrosesan informasi (dalam hal ini yang deliberate) guna mencapai tujuan tertentu. Hm, ternyata nggak sederhana juga ya?

OK, kalau begini, gimana? Suatu sistem yang memfasilitasi pemrosesan informasi dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Kuncinya adalah memfasilitasi pemrosesan informasi secara sengaja dan adanya tujuan tertentu yang diupayakan juga secara sengaja. Yah... mudah-mudahan definisi sistem informasi seperti ini cukup sederhana dan berguna, terutama untuk pembahasan-pembahasan berikutnya yang antara lain mencakup jenis-jenis sistem informasi, peranan solusi teknologi, peranan sentral individu, peranan proses, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed