Copy and Paste

Anda bebas mengambil content blog ini, tapi mohon sebutkan alamat blog ini dalam tulisan Anda.

You are free to copy the content of my blog. However, please let your readers know my blog as your source.

Kamis, 17 Januari 2008

R/evolusi Informasi

Informasi adalah suatu obyek yang telah berumur demikian tua, setua peradaban manusia. Hanya sekedar mencium wangi mawar dan mengagumi merahnya, seorang telah berinteraksi dengan informasi. Pesan wangi dan citra merah mawar tersebut yang ditangkap dari obyek mawar oleh indra kemudian diteruskan ke otak adalah informasi. Tanpa informasi, manusia tidak mengenal dunia sekitarnya dan mungkin tidak dirinya juga.

Kemalangan penulis Hellen Keller (1880-1968) yang buta dan tuli hampir saja membuatnya menjadi seorang yang sama sekali terisolasi dari informasi dan pemrosesan informasi, terisolasi dari dunia dan dirinya sendiri. Hampir saja ia tidak menjadi apa-apa, jika saja gurunya yang luar biasa Anne Sullivan yang juga nyaris buta tidak datang padanya. Ia mengajarkan Helen mengenal dunia dengan memproses pesan-pesan melalui indra perabaan. Dengan kemampuannya mengolah informasi, Helen dapat menciptakan dunia virtualnya sendiri hanya di dalam kepala, yang kemudian melahirkan karya-karya luar biasa!

Informasi dikomunikasikan antar individu melalui berbagai media. Media kertas dan bentuk primitifnya, seperti daun lontar, ditambah dengan kemampuan manusia bertutur sungguh telah sangat berjasa mengantarkan akumulasi informasi dan pengetahuan dari generasi ke generasi. Tidak seperti tuturan lisan, buku-buku terutama setelah ditemukannya mesin cetak dapat dengan mudah dilipatgandakan yang menyebabkan antaran dan penyebaran informasi dan pengetahuan melaju dengan cepatnya dalam volume sangat besar.

Setelah teknologi informasi dan internet dikembangkan, kita bisa merasakan betapa lebih luar biasa lagi potensi manusia untuk belajar, menciptakan informasi baru, menyimpannya, dan menyebarkannya ke segala penjuru. Konsep Web 2.0, termasuk blog ini, adalah salah satu contoh enabler yang memungkinkan personal publishing. Apakah cara kita mengolah informasi kemudian berubah secara mendasar? Apakah harusnya berubah tapi belum berubah? Atau apakah justru perilaku informasi yang sudah berubah, informasi yang menemukan kita, bukan sebaliknya?

Coba lihat video di bawah ini yang saya dapatkan dari YouTube dengan judul Information R/evolution, http://www.youtube.com/watch?v=-4CV05HyAbM.

Tidak ada komentar:

addthis

Live Traffic Feed