Salah satu buku favorit saya adalah Good to Great oleh Jim Collins. Jim Collins dan tim menyusun buku ini berdasarkan penelitian serius. Penelitian dilakukan terhadap 11 perusahaan (1965-1995) yang dalam 15 tahun mengakumulasi return (keuntungan) minimal 3 kali lebih baik dari rata-rata industri, setelah pada kurun waktu 15 tahun sebelumnya biasa-biasa saja atau di bawah rata-rata. Kesebelas perusahaan itu dibandingkan dengan perusahaan kompetitor yang hanya rata-rata atau lebih buruk dari rata-rata industri. Penelitian juga dilengkapi dengan observasi terhadap beberapa perusahaan yang sempat hebat tetapi tidak mampu bertahan.
Menurut Jim Collins dan tim, faktor yang membuat suatu perusahaan dapat berubah dari sekedar perusahaan yang baik (good) menjadi hebat (great) adalah:
Bagaimana penjelasan masing-masing faktor? Tunggu deh di posting berikutnya.
Senin, 21 Januari 2008
Good to Great (1)
Label:
manajemen,
nilai-nilai,
review buku
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
addthis
Kategori
- bahasa-matematika (23)
- demokrasi-politik (51)
- ekonomi-bisnis (71)
- lebih personal (42)
- manajemen (111)
- nilai-nilai (137)
- review buku (68)
- sistem informasi (37)
2 komentar:
YPan, In my opinion, Good to Great, fundamentally very very dependable on "Human Resource Power" to have the personality of level 5. And, It is not easy to create such a man or in other word it is impossible if there is no a great compensation like salary or power itself or high intangible value
Dear Sis/Bro, your comment is so valid that I could not agree more. However, Jim Collins advice that if you have the right people, you don't have to compensate them excessively. In the book, Collins and his colleagues demonstrated that the best CEO's of the researched companies all really humble and generous. So... I think Jim Collins' advice and your comment are not polarized at all. We just need a middle way.
Thank you very much for the comment.
Posting Komentar